Setelah sekian lama tenggelam dengan kesibukan dikantor dan berbagai masalah pribadi yang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran, saya putuskan untuk melanjutkan menulis di blog ini sebagai tempat untuk menuangkan celoteh, curhatan serta berbagi pengetahuan yang saya miliki.
Baiklah saya kira cukup basa-basinya, pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi tentang bagaimana cara protect cells pada lembar kerja excel.
Program Microsoft excel tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, program ini biasa digunakan pada pekerjaan di kantor maupun secara pribadi, mulai dari pembuatan tabel sederhana sampai dengan perhitungan akuntansi yang sedikit membuat kepala pusing. Pada saat bekerja dengan Microsoft excel kita dihadapkan pada tapilan kolom maupun baris yang terdiri dari berbagai cell. Lalu bagaimana jika kita ingin memprotect beberapa cell, column atau baris agar tidak bisa diedit?
Mungkin apa yang akan kita bahas ini sudah banyak diposting di blog lain, tapi tidak ada salahnya jika saya membahas lagi tentang bagaimana cara memprotect kolom atau baris pada excel karena apa yang saya bahas pada blog ini adalah bersumber dari pengalaman pribadi yang langsung saya alami. Nah sekarang kita masuk pada materi pembasan kita:
1.       Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka lembar kerja Microsoft Excel
2.       Kemudian buat tabel seperti pada gambar berikut:
 
  
3.       Langkah selanjutnya adalah blog atau pilih cell, kolom atau baris mana saja yang akan tidak diprotect. Jika pada contoh kali ini saya memilih kolom Uraian, Satuan dan Jumlah. Klik kanan pada cell yang sudah dipilih tadi kemudian klik Format Cells. Setelah muncul jendela Custom Lists, pilih tab Protectiont dan uncheck Locked (secara default semua cell pada excel locked) kemudian klik OK

4.       Kemudian pada Menu Review pilih Protect Sheet setelah muncul jendela Protect Sheet masukkan password dan confirm password klik OK.
 

 
5.       Selesai sudah. Jika ingin membuka proteksinya pilih Unprotect Sheet dan masukkan password yang telah dibuat tadi.
Pada pembahasan di atas saya menggunakan Microsoft Office 2007, tapi saya rasa 
proses kerjanya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office 2010.
Semoga bermanfaat......

0 Comments:

Post a Comment