Setelah
sekian lama tenggelam dengan kesibukan dikantor dan berbagai masalah pribadi
yang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran, saya putuskan untuk melanjutkan
menulis di blog ini sebagai tempat untuk menuangkan celoteh, curhatan serta
berbagi pengetahuan yang saya miliki.
Baiklah saya
kira cukup basa-basinya, pada postingan kali ini saya akan mencoba berbagi
tentang bagaimana cara protect cells pada lembar kerja excel.
Program Microsoft
excel tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, program ini biasa digunakan
pada pekerjaan di kantor maupun secara pribadi, mulai dari pembuatan tabel
sederhana sampai dengan perhitungan akuntansi yang sedikit membuat kepala
pusing. Pada saat bekerja dengan Microsoft excel kita dihadapkan pada tapilan
kolom maupun baris yang terdiri dari berbagai cell. Lalu bagaimana jika kita
ingin memprotect beberapa cell, column atau baris agar tidak bisa diedit?
Mungkin apa
yang akan kita bahas ini sudah banyak diposting di blog lain, tapi tidak ada
salahnya jika saya membahas lagi tentang bagaimana cara memprotect kolom atau
baris pada excel karena apa yang saya bahas pada blog ini adalah bersumber dari
pengalaman pribadi yang langsung saya alami. Nah sekarang kita masuk pada
materi pembasan kita:
1.
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah
membuka lembar kerja Microsoft Excel
2.
Kemudian buat tabel seperti pada gambar berikut:
3.
Langkah selanjutnya adalah blog atau pilih cell,
kolom atau baris mana saja yang akan tidak diprotect. Jika pada contoh kali ini
saya memilih kolom Uraian, Satuan dan Jumlah. Klik kanan pada cell yang sudah dipilih tadi kemudian klik Format Cells. Setelah muncul jendela Custom Lists, pilih tab Protectiont dan uncheck Locked (secara default semua cell pada excel locked)
kemudian klik OK.
4.
Kemudian pada Menu Review pilih Protect Sheet setelah muncul jendela Protect Sheet masukkan password dan confirm password klik OK.
5.
Selesai sudah. Jika ingin membuka proteksinya
pilih Unprotect Sheet dan masukkan password yang telah dibuat tadi.
Pada pembahasan di atas saya menggunakan Microsoft Office 2007, tapi saya rasa
proses kerjanya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office 2010.
Semoga bermanfaat......
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar
(
Atom
)