Apakah Mungkin Netbook & Notebook di-Overclocked?
Kali ini pengujian Overclocked menggunakan Notebook merk Acer 4745G milik saya sendiri, dengan spesifikasi Prosesor Intel Core i5 M430, RAM 2 GB DRR3, Harddisk 640 GB, LCD 14 inc’, dan VGA ATI Radeon HD 5470 512 Mb.
Pada Notebook, hanya beberapa bagian saja yang dapat di Overclock karena Notebook tidak didesain untuk overclock. Para produsen laptop tidak memberikan fasilitas overclock karena alasan suhu atau sistem pendingin. Laptop didesain untuk kinerja yang optimal dengan suhu yang stabil dan rendah karena banyak konsumen tidak menyukai laptop dengan suhu yang tinggi serta pemasangan sistem pendingin pada laptop sangat terbatas dengan ukuran laptop. Membuat sistem pendingin pada laptop sangatlah sulit karena ukurannya yang kecil, karena hal ini berbagai macam produsen laptop men-set seperti VGA dan prosesor pada clock speed yang normal bahkan lebih rendah. Berbeda dengan laptop, PC yang mempunyai ukuran yang besar sehingga dapat menggunakan heatsink dan cooling fan yang cukup besar yang dapat menyerap panas komponen yang tinggi sehingga overclock pada PC sangat dimungkinkan dengan menggunakan pendingin yang memadai. Pada laptop kita tidak dapat mengganti peralatan pendingin semudah mengganti peralatan pendingin pada PC. Perlu diingat overclock dapat meningkatkan performa komputer dengan resiko kenaikan suhu pada komponen. Komponen yang paling banyak dan dimungkinkan untuk di-overclock adalah Prosesor, VGA, dan FSB. Pada komponen tersebut suhu jangan sampai mencapai di atas 85o Celcius karena dapat menyebabkan komponen terbakar. Umumnya suhu normal saat kondisi komponen idle adalah 38o – 60o Celcius dan saat full load 60o – 75o Celcius. Peningkatan suhu yang signifikan karena overclock bukan saja disebabkan oleh meningkatnya frekuensi atau clock speed, peningkatan voltase juga menjadi penyebab utama naiknya suhu karena dalam overclocked sangat diharuskan meningkatkan voltase jika mau meningkatkan frekuensi atau clock speed untuk mendapatkan sistem yang stabil. Jika kita menaikkan clock speed tanpa diikuti kenaikan voltase maka akan menyebabkan kinerja komputer tidak stabil, namun jika menaikkan clock speed hanya sedikit saja tidak masalah tidak menaikkan voltase.
Baiklah langsung saja kita mulai :
Meng-Overclock laptop tidak dapat dilakukan dengan menggunakan jalur BIOS karena memang para produsen laptop tidak menyediakannya. Untuk itu overclock hanya dimungkinkan dengan menggunakan aplikasi.
Untuk Laptop Acer 4745G ini komponen yang dapat di overclock hanya 2 bagian saja yaitu VGA-nya dan FSB-nya saja.
Untuk meng-overclock VGA dapat menggunakan beberapa aplikasi yaitu,
-MSI Afterburner 1.10
-AMD GPU Clock Tool
Untuk Meng-overclock FSB menggunakan SetFSB 2.2.134.98
Untuk Memantau suhu VGA menggunakan GPU-Z versi 0.48 Dan prosesor menggunakan aplikasi Core Temp.
Untuk Overclock VGA penulis menggunakan kedua aplikasi tersebut karena masig-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Pada AMD GPU Clock Tool kita dapat men-set Core clock dan memory clock serta dapat memilih jumlah voltase namun tidak adak fitur untuk mengatur kecepatan fan (kipas pendingin) VGA. Pada MSI Afterburner terdapat fitur untuk menaikkan kecepatan fan namun tidak ada fitur untuk mengatur voltase. Oleh karena itu penulis mengkolaborasikan keduanya.
Jika kita menaikkan nilai FSB, maka akan meningkatkan frekuensi seluruh komponen. Jangan menaikkan FSB secara berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan komponen seperti harddisk yang sangat rentan.
VGA ATI HD 5470 pada laptop Acer ini nilai core clock dan memory clock-nya lumayan tinggi pada setting default dibanding dengan merk MSI CX  seperti gambar di sebelah kanan.




Kondisi VGA ATI 5470 sebelum overclocking. perhatikan Pixel Fillrate, texture fillrate dan bandwithnya.






Naikkan engine dan emory clocknya seperti pada gambar disamping. kenudian pilih jumlah voltasenya.


jalankan MSI Afterburner. kondisi VGA disamping dengan kondisi VGA default.









naikkan speed fan pada kondisi disamping.







Hasil GPU-Z. suhu saat kondisi idle masih normal.










Lihat hasil GPU-Z disamping. tampak kenaikan pixel fillrate, texture fillrate dan kenaikkan bandwith setelah overclocking. bandingkan dengan gambar sebelumnya!




Jalankan Set FSB.


naikkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Laptop. klik get FSB kemudian atur lalu klik set FSB.



Mungkin suhu pada gambar disamping lumayan cukup tinggi saat kondisi Full load karena penulis mengujinya tanpa menggunakan cooling fan saran penulis naikkan core clock hanya sebatas 775 Mhz dan memory Clock-nya 840 Mhz jika tidak menggunakan cooling fan atau kipas pendingin. Setelah penulis menggunakan cooling fan yang cukup besar dengan seting VGA seperti di atas suhunya dapat bertahan di 73 derajat celcius dan dengan kipas pendingin ini penulis Dapat menembus angka core clock hingga 800 Mhz dan Memory clock 930 Mhz dengan kinerja yang cukup stabil dan suhu rata-rata saat full load mencapai 75 derajat celcius. Kinerja yang dihasilkan saat memainkan game-game kelas berat (Black Ops, Crysis, Dirt2, dan Battlefield Bad Company) cukup memuaskan. Jadi intinya jika anda menginginkan nilai clock speed yang tinggi harus diimbangi dengan pendingin yang memadai.

















Hasil di atas merupakan overclocking yang penulis lakukan dengan menggunakan cooling fan. sehingga suhu cukup stabil di sekitar 75 derajat.

Cooling fan rakitan penulis.

Sumber :  http://wkmp.wordpress.com/overclocking/

Share this: My FaceBook

Lukisan Sulatn Muhammmad II
oleh gentile Bellini


Sultan Mahmed II atau juga dikenal Sultan Muhammad Al- Fatih, beliau adalah Sultan yang memerintah di Dinasty Turky Utsmani. di juluki Al-Fatih (sang penakluk) karena telah menaklukkan Konstantinopel beliau berkuasa sampai pada tahun 1481 M sebelum akhirnya mangkat. Kejayaan baginda Sultan Muhammad dalam kepemimpinannya membuat decak kagum  para musuhnya. Sebelum-sebelumnya Nabi Muhammad SAW sudah meramalkan akan ada seorang Raja Islam yang akan menaklukkan konstantinopel seperti yang disabdakan oleh Nabi SAW:

"Konstantinopel akan ditaklukan oleh tentara Islam. Rajanya (yang menaklukan) adalah sebaik-baik raja dan tentaranya (yang menaklukan) adalah sebaik-baik tentara."
Sultan Muhammad II dilahirkan di Edirin pada 30 Maret 1423 M yang mana pada waktu itu Edirin adalah pusat kota pemerintahan Dinasty Turki Utsmani. beliau adalah putra dari Sultan Murad II beliau hidup di masa setelahnya Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (pahlawan perang Salib) 1137 -1193 M

Semenjak kecil, beliau telah mencermati usaha ayahnya untuk menaklukkan Konstantinopel. Bahkan beliau telah mengkaji usaha yang pernah dibuat sepanjang sejarah Islam untuk menaklukkan Konstantinopel, sehingga menimbulkan keinginan yang kuat baginya meneruskan cita-cita umat Islam. Ketika beliau naik tahta pada tahun 1451 M, dia telah mulai berpikir dan menyusun strategi untuk menawan kota bandar (kota/kota pelabuhan) tersebut. Kekuatan Sultan Muhammad Al-Fatih terletak pada ketinggian pribadinya. Sejak kecil, dia di didik secara intensif oleh para ulama' terkemuka di zamannya. Di zaman ayahnya, yaitu Sultan Murad II, Sultan Murad II telah menghantar beberapa orang ulama' untuk mengajar anaknya (Sultan Muhammad Al-Fatih), tetapi oleh Sultan Muhammad Al-Fatih menolaknya. Lalu, dia menghantar Asy-Syeikh Al-Kurani dan memberikan kuasa kepadanya untuk memukul Sultan Muhammad Al-Fatih jika beliau membantah perintah gurunya.
 
Waktu bertemu Sultan Muhammad dan menjelaskan tentang hak yang diberikan oleh Sultan Murad II (ayahnya) kepada Syeikh Muhammad bin Isma'il Al-Kurani, Sultan Muhammad tertawa. Dia lalu dipukul oleh Asy-Syeikh Al-Kurani. Peristiwa ini amat berkesan pada diri beliau lantas setelah itu dia terus menghafal Al-Qur'an dalam waktu yang singkat. Di samping itu, Murabbi Syeikh Ak Syamsuddin yang juga merupakan Murabbi dari Sultan Muhammad Al-Fatih. Dia mengajar Sultan Muhammad ilmu-ilmu agama seperti Al-Qur'an, hadits, fiqih, bahasa (Arab, Parsi dan Turki), matematika, falak, sejarah, ilmu peperangan dan sebagainya.
Syeikh Ak Syamsuddin lantas meyakinkan Sultan Muhammad bahwa dia adalah orang yang dimaksudkan oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam di dalam hadits penaklukan Kostantinopel. Ketika naik takhta, Sultan Muhammad segera menemui Syeikh Ak Syamsuddin untuk menyiapkan bala tentaranya untuk penaklukan Konstantinopel. Peperangan itu memakan waktu selama 54 hari. Persiapan pun dilakukan. Sultan berhasil menghimpun kira kira sebanyak 250,000 tentara. Para tentara lantas diberikan latihan dengan cara sungguh-sungguh dan selalu diingatkan akan pesan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam terkait pentingnya Konstantinopel bagi kejayaan Islam
Sultan Muhammad Al-Fatih pun melancarkan serangan besar-besaran ke benteng Bizantium di sana. Takbir "Allahu Akbar, Allahu Akbar" terus membahana di angkasa Konstantinopel seakan-akan meruntuhkan langit kota itu. Pada akhir-akhir perang 27 Mei 1453 dua hari sebelum kemenangannya 29 Mei, Sultan Muhammad Al-Fatih bersama tentaranya berusaha keras membersihkan diri di hadapan Allah Subhana Wa Ta'ala. Mereka memperbanyak salat, doa, dan dzikir. Hingga tepat jam 1 pagi siang hari Selasa 20 Jumadil Awal 857 H atau bertepatan dengan tanggal 29 Mei 1453 M, serangan utama dilancarkan. Para mujahidin diperintahkan supaya meninggikan suara takbir kalimah tauhid sambil menyerang kota. Tentara Utsmaniyyah akhirnya berhasil menembus kota Konstantinopel melalui Pintu Edirne dan mereka mengibarkan bendera Daulah Utsmaniyyah di puncak kota. Kesungguhan dan semangat juang yang tinggi di kalangan tentara Al-Fatih akhirnya berjaya mengantarkan cita-cita mereka.
Kehilangan Konstantinopel memberi tamparan hebat kepada kerajaan Kristian barat. Seruan Paus untuk melancarkan perang balas sebagai Perang Salib tidak hiraukan oleh raja-raja Eropa. Ini menyebabkan paus sendiri pergi untuk berperang tetapi kematian awal paus melenyapkan harapan serangan balas.
Muhammad al-Fatih mendapat sebuah kota yang agung walaupun dalam keadaan perselisihan kerana perang yang berlanjutan. Konstantinopel membolehkan bangsa Turki mengukuhkan kedudukan mereka di Eropa serta meluaskan wilayah mereka ke Balkan dan Mediterranean.
 
Pada waktu itu beliau (Sultan Muhammad Al- Fatih) menukar nama Konstantinopel menjadi Islambol (Islam keseluruhan). Kini nama tersebut telah ditukar oleh Mustafa Kamal Ataturk (Pemimpin Revolusi Turky) menjadi Istanbul. karena jasanya masjid Al-Fatih di dirikan di dekat makamnya.
kepribadian beliau sangat mencerminkan seorang pemimpin yang luar biasa dari segi salehnya dan keilmuannya yang tinggi.
Di ceritakan pada suatu hari timbul persoalan, ketika pasukan islam hendak melaksanakan shalat jum’at yang pertama kali di kota itu.“Siapakah yang layak menjadi imam shalat jum’at?” tak ada jawaban. Tak ada yang berani yang menawarkan diri, kemudian Muhammad Al Fatih tegak berdiri. Beliau meminta kepada seluruh rakyatnya untuk bangun berdiri. Kemudian beliau bertanya. “ Siapakah diantara kalian yang sejak remaja, sejak akhil baligh hingga hari ini pernah meninggalkan shalat wajib lima waktu, silakan duduk” tak seorangpun pasukan islam yang duduk. Semua tegak berdiri. Lalu Sultan Muhammad Al Fatih kembali bertanya: “ Siapa diantara kalian yang sejak baligh dahulu hingga hari ini pernah meninggalkan shalat sunah rawatib? Kalau ada yang pernah meninggalkan shalat sunah sekali saja silakan duduk”. Sebagian lainya segera duduk. Dengan mengedarkan pandangan matanya ke seluruh rakyat dan pasukanya, Muhammad Al Fatih kembali berseru lalu bertanya: “ Siapa diantara kalian yang sejak masa akhil baligh sampai hari ini pernah meninggalkan shalat tahajjud di kesunyian malam? Yang pernah meninggalkan atau kosong satu malam saja, silakan duduk” Semua yang hadir dengan cepat duduk” Hanya ada seorang saja yang tetap tegak berdiri. dialah, Sultan Muhammad Al Fatih.
Referensi:
-http://ms.wikipedia.org/wiki/Muhammad_al-Fatih
-http://id.wikipedia.org/wiki/Mehmed_II
-Muhammad Al-Fatih 1453, Felix Y. Siauw : jakarta; Al Fatih Press, 2013.

Roti dan Cake sangatlah familiar di telinga kita dan hampir tiap hari kita di hadapakan pada jenis makanan tersebut.  Banyak menyajikan  kedua jenis makanan tersebut, tapi tahukah kita apa bedanya antara Roti dan Cake?
Selama ini kita menikmatinya tapi kita jarang sekali mencari dan mengerti apa sih bedanya anatara keduanya. 
Cake  kalau di bahasa Indonesiakan adalah Bolu, tetapi seiring perkembangan bolu di artikan cake dalam bentuk yang kasar dan padat yang kuning telur dari pada putih telur  serta dengan pemakaian tepung yang relative sedikit. Sedangkan Cake yang di hias biasanya kita sebut dengan Tart atau yang umum kita ketahui adalah Tart Ulang tahun.



 
Cake yang banyak beredar dan banyak di sukai di antaranya adalah Rainbow Cake, Brownies, Bolu gulung, Tar, dll. Beberapa cake di atas sangat di minati orang karena rasanya dan fungsinya yang sangat berbeda antara satu dan yang lainnya.
Sedangkan Roti biasanya rasanya tawar dan padat. Roti di bahasa jerman brot yang artinya roti, dan bahannya banyak di dominasi oleh terigu ataupun gandum sehingga teksturnya lebih keras dan padat dan biasanya roti ini di buat melalui proses fermentasi sehingga dan biasanya roti yang banyak kita nikmati adalah roti tawar, roti isi, roti gandum dll.

Dari Berbagai Sumber.

Semoga Bermanfaat....

Assalamualaikum wr. wb.
Beberapa tahun belakangan ini kok penyambutan Ramadhan semakin sepi ya? Maksud saya, kok seperti menghadapi bulan-bulan lain saja, tdk ada kesan mendalamnya.
Tidak seperti waktu saya kecil, setiap mau puasa, keluarga & lingkungan sekitar pasti heboh kalau mau menyambut puasa. Tidak hanya secara fisik tapi secara batin juga.
Atau ini perasaan saya saja, karena semakin bertambah umur saya semakin byk kegiatan & masalah yg mesti saya hadapi sehari-hari?! Sebenarnya yg harus atau yg sebaiknya kita lakukan dalam menyambut bulam Ramadhan itu apa saja ya pak Ustadz?

Satu pertanyaan lagi, benarkah kalau ingin membayar hutang puasa harus dilakukan sebelum nisfu sa’ban? Setelah itu membayar hutang puasa sudah tdk boleh kecuali mengerjakan puasa sunah?
Wassalam
Jawaban
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Menyambut bulan suci Ramadhan memang tdk harus ramai-ramai bikin acara ini & itu. Karena esensi Ramadhan memang bukan keramaian, melainkan kebahagiaan karena ada bulan dimana kita bisa byk melakukan amal kebaikan yg lebih.
Jadi esensi menyambut bulan Ramadhan adl bersiap-siap utk bertempur mendapatkan kesempatan mencari pahala sebesar-besarnya. Dan waktu yg lbh tepat utk beramal sebaik-baiknya memang Ramadhan, lantaran beberapa alasan, antara lain:

Amal-amal digandakan di bulan Ramadhan

Sehingga amal yg sama kita kerjakan di bulan lain akan diganjar dgn lbh besar bila dilakukan di bulan Ramadhan. Dalam salah satu hadits disebutkan:
عَنْ سَلْمَان الفَارِسِيdمَرْفُوعاً : مَنْ تَطَوَّعَ فيِ شَهْرِ رَمَضَان بِخَصْلَةٍ مِنْ خِصَالِ الخَيْرِكَانَ كَمَنْ أَدَّى فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاُه، وَمَنْ أَدَّى فِيْهِ فَرِيْضَةً كَانَ كَمَنْ أَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاهُ
Dari Salman Al-Farisy radhiyallahu ‘anhu yg diriwayatkan secara marfu’, “Siapa yg mengerjakan amal sunnah meski kecil, sama seperti orang yg mengerjakan amal fardhu. Siapa yg mengerjakan amal fardhu, seperti mengerjakan 70 amal fardhu.”(Hadis Riwayat: Al-Baihaqi)
عَنْ أَنَسٍ  مَرْفُوعاً: أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ صَدَقَةٌ فيِ رَمَضَان
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu yg diriwayatkan secara marfu’, “Sedekah yg paling afdhal adl yg diberikan di bulan Ramadhan.” (HR Tirmizy)
Kesempatan beramal kecil tapi diganjar dgn pahala yg besar jarang-jarang terjadi. Bulan Ramadhan ini ibarat bulan diskon gede-gedean atau cuci gudang. Bagaimana kita tdk bergembira?

Setan dibelenggu di bulan Ramadhan

Sehingga kita punya lahan yg lbh luas utk mengisinya dgn berbagai amal kebajikan. Untuk selama sebulan, syetan akan tdk kebagian lapak.
Tentu kita gembira dgn datangnya Ramadhan, karena musuh kita berkurang jumlahnya & kita bisa puas-puaskan utk beramal shalih, berdakwah, mencari ilmu & mengajarkannya. Kesempatan syetan ‘cuti’ sebulan penuh ini hanya terjadi di bulan Ramadhan, bagaimana kita tdk bergembira?

Ramadhan bulan yg menjauhkan dari neraka

Mungkin ada sebagian orang yg berkomentar bahwa sbg muslim, kita memang pasti masuk surga. Tetapi tetap saja kalau lbh byk dosa harus mampir dulu ke neraka.
Nah, di dalam bulan Ramadhan ini, Allah Subhanahu wa ta’ala menjanjikan amal-amal yg bisa membuat orang akan terhindar dari api neraka. Amal itu adala memberi ifthar kpd orang yg puasa. Mereka yg melakukannya dijanjikan akan selamat dari api neraka.

Ramadhan adl bulan yg punya nilai historis tinggi

Di antaranya bulan Ramadhan adl bulan diturunkannya Al-Quran pertama kali ke muka bumi. Dimana ibadah di malam qadar dinilai lbh baik dari seribu bulan.
Selain itu di bulan Ramadhan juga terjadi byk peristiwa historis yg tdk kalah pentingnya. Buat umat Islam di Indonesia, sejarah kemerdekaan tahun 1945 bertepatan dgn bulan Ramadhan.
Sedangkan di dunia Islam secara keseluruhan, di bulan Ramadhan terjadi byk peristiwa besar, antara lain
  • Perang Badar Al-Kubra (17 Ramadhan 2 H - 13 Maret 623 M)
  • Pembebasan kota Makkah/Fathu Makkah (21 Ramadhan 8 H - 11 Januari 630 M)
  • Bebasnya Mesir & masuknya dakwah Islam di bawah pimpinan Amru bin Al-Ash (1 Ramadhan tahun 2 H - 26 Pebruari 624 M)
  • Perang Tabuk (8 Ramadhan 9 H - 18 Desember 630 M)
  • Bebasnya Baitul Maqdis & diserahkan kuncinya kpd Khalifah Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhu (13 Ramadhan 15 H - 18 Oktober 636M)
  • Kemenangan umat Islam atas dinasti Sasanid, penguasa Persia setelah berhasil membunuh Kaisar Yazdajar III & berakhirnya kemaharajan Persia (23 Ramadhan 31 H - 625 M)
  • Peristiwa tahkim dimana Ali & Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhuma berdamai (3 Ramadhan 37 H - 11 Pebruari 658 M)
  • Bebasnya negeri Sind dari pasukan India di bawah pimpinan Muhammad bin Al-Qashim (6 Ramadhan 63 H - 14 Mei 682 M)
  • Awal bebasnya negeri Andalusia di bawah pimpinan Tarif bin Malik Al-Barbari (1 Ramadhan 91 H - 710 M)
  • Berdirinya Daulah Abbasiyah, khilafah kedua setelah Daulah Umayah (2 Ramadhan 132 H - 13 April 750 M)
  • Bebasnya Byzantium dalam perang Amoria di bawah pimpinan langsung khalifah Al-Mu’tashim billah, setelah mendengar wanita yg ber-istighatsah karena mengalami pelecehan seksual (6 Ramadhan 223 H - 31 Juli 838 M)
  • Berdirinya Daulah Abbasiyah II di Spanyol (12 Ramadhan 331 H - 9 Mei 943 M)
  • Peletakan Batu Pertama Universitas Al-Azhar Mesir sbg masjid & universitas (14 Ramadhan 359 H - 20 Juli 970 M) 19 Ramadhan 1375 M

Ramadhan bulan surga

Umat Islam benar-benar digiring utk masuk surga di bulan Ramadhan. Sebab mereka diwajibkan berpuasa & utk orang yg puasa sudah disediakan pintu khusus di surga yaitu bab Ar-Rayyan.
Demikian juga puasa itu menganjurkan kita utk bersabar, & ganjaran utk orang yg sabar adl surga.

Semangat Kebersamaan Dalam Taat

Ada semangat kebersamaan & ephoria utk beribadah ritual yg lbh besar dibandingkan di luar Ramadhan.
Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Penulis: Ahmad Sarwat, Lc

Pengertian Jaringan Peer To Peer

 
Biasanya jika kita sedang ingin mendownload file, pasti menemukan file P2P dan Jika ingin mendownload file tersebut kita harus menggunakan salah satu software client P2P seperti bit torrent, utorrent dan lain-lain. Tapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan jaringan Peer to Peer ? berikut penjelasannya yang saya kutip dari wikipedia.
P2P merupakan singkatan dari Peer-to-Peer (bahasa Inggris) atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi “berbagi-berkas” (file sharing) seperti Napster dan KaZaA. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas. .

Sistem P2P yang sebenarnya adalah suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan “ujung” satu dengan lainnya, namun ujung-ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi-, pemrosesan-, dan penugasan pembagian bandwidth yang intensif, dimana bila sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini biasanya diemban oleh server pusat.
Aplikasi P2P yang sebenarnya memerlukan satuan tim-tim kecil dengan ide cemerlang untuk mengembangkan perangkat lunak dan bisnis-bisnis yang mungkin dilakukan oleh perangkat tersebut – dan mungkin saja bisa membuat perusahaan besar yang sudah ada gulung tikar. P2P yang sebenarnya, bila diaplikasikan pada pasar yang sudah matang dan stabil adalah teknologi yang "mengganggu".
Ide mengenai konsep ini muncul kira-kira pada akhir dekade 1980-an, ketika jaringan komputer dan tentunya juga komputer telah mulai masuk ke dalam salah satu barang wajib dalam perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun besar. Tetapi, arsitektur ini berkembang dalam jaringan yang terlalu kecil untuk memiliki sebuah server yang terdedikasi, sehingga setiap komputer klien pun menyediakan layanan untuk berbagi data untuk melakukan kolaborasi antara pengguna.
Jaringan peer-to-peer pun mulai banyak digemari ketika Microsoft merilis sistem operasi Windows for Workgroups, meski sebelumnya sistem operasi MS-DOS (atau IBM PC-DOS) dengan perangkat MS-NET (atau PC-NET) juga dapat digunakan untuk tujuan ini. Karakteristik kunci jaringan tersebut adalah dalam jaringan ini tidak terdapat sebuah server pusat yang mengatur klien-klien, karena memang setiap komputer bertindak sebagai server untuk komputer klien lainnya. Sistem keamanan yang ditawarkan oleh metode ini terbilang lebih rendah dibandingkan dengan metode klien/server dan manajemen terhadapnya pun menjadi relatif lebih rumit. 
Peer-to-Peer atau lebih dikenal dengan P2P atau teknologi dari “ujung” ke “ujung” pertama kali di luncurkan dan dipopulerkan oleh aplikasi-aplikasi file sharing. Pada konteks ini teknologi P2P memungkinkan para pengguna untuk berbagi, mencari dan mengunduh berkas. Sistem P2P yang sebenarnya adalah suatu sistem yang tidak hanya menghubungkan “ujung” satu dengan lainnya, namun ujung-ujung ini saling berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalulintas komunikasi informasi-, pemrosesan-, dan penugasan pembagian bandwidht yang intensif, dimana bila sistem ini tidak ada, tugas-tugas ini biasanya diemban oleh server pusat.

Peer-to-peer menjadi sebuah alternatif aplikasi untuk mencari resource tertentu yang tidak ada diwebsite ataupun alternatif untuk berbagi resource tanpa sebuah web server yang harganya masih tergolong mahal. Selain itu pada jaringan Peer to Peer host dapat dijadikan server dan juga menjadi client secara bersamaan, Contohnya dalam file sharing antar komputer di jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A, B, C, D, dan E) yang memberi hak akses terhadap file share dari B bernama data.xls dan juga memberi akses file soal.doc kepada C. saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer-to-peer.
Ide mengenai konsep ini muncul kira-kira pada akhir dekade 1980-an, ketika jaringan komputer dan tentunya juga komputer telah mulai masuk ke dalam salah satu barang wajib dalam perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun besar. Tetapi, arsitektur ini berkembang dalam jaringan yang terlalu kecil untuk memiliki sebuah server yang terdedikasi, sehingga setiap komputer klien pun menyediakan layanan untuk berbagi data untuk melakukan kolaborasi antara pengguna. Jaringan peer-to-peer pun mulai banyak digemari ketika Microsoft merilis sistem operasi Windows for Workgroups, meski sebelumnya sistem operasi MS-DOS (atau IBM PC-DOS) dengan perangkat MS-NET (atau PC-NET) juga dapat digunakan untuk tujuan ini. Karakteristik kunci jaringan tersebut adalah dalam jaringan ini tidak terdapat sebuah server pusat yang mengatur klien-klien, karena memang setiap komputer bertindak sebagai server untuk komputer klien lainnya. Sistem keamanan yang ditawarkan oleh metode ini terbilang lebih rendah dibandingkan dengan metode klien/server dan manajemen terhadapnya pun menjadi relatif lebih rumit.
Konsep ini pun kemudian berevolusi pada beberapa tahun terakhir, khususnya ketika jaringan Internet menjadi jaringan yang sangat besar. Hal ini mulai muncul kira-kira pada akhir dekade 1990-an, di saat banyak pengguna Internet mengunduh banyak berkas musik mp3 dengan menggunakan metode peer-to-peer dengan menggunakan program Napster yang menuai kritik pedas dari industri musik, seperti halnya Metallica dan banyak lainnya. Napster, pada saat dituntut oleh para pekerja industri musik, dikatakan memiliki anggota lebih dari 20 juta pengguna di seluruh dunia. Selanjutnya beberapa aplikasi juga dibuat dengan menggunakan konsep ini: eDonkey, Kazaa, BitTorrent, dan masih banyak lainnya. Meski banyak aplikasi peer-to-peer ini digunakan oleh pengguna rumahan, ternyata sistem ini juga diminati oleh banyak perusahaan juga.
Keunggulan dan Kelemahan Jaringan Peer to Peer
Keunggulan Jaringan Peer To Peer
  1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer.
  2. Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
  3. Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
Kelemahan Jaringan Peer To Peer
  1. Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
  2. Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client- server, karena setiap komputer/peer isamping harus mengelola emakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
  3. Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur masing- masing fasilitas yang dimiliki.
  4. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing- masing komputer tersebut. 


Membangun Jaringan Peer to Peer

Jaringan komputer Peer to Peer (PC to PC) adalah jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server. Dalam pemasangan Jaringan Peer to Peer anda tidak perlu memakai hub karena dalam tipe jaringan dua komputer (PC to PC) ini dapat langsung dihubungkan dengan 1 kabel UTP.
Pada jaringan tipe ini, setiap komputer yang terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya secara langsung tanpa perantara. Bukan hanya komunikasi langsung tetapi juga sumber daya komputer dapat digunakan oleh komputer lainnya tanpa ada pengendali dan pembagian hak akses.
Setiap komputer dalam jaringan Peer to Peer mampu berdiri sendiri sekalipun komputer yang tidak bekerja atau beroperasi. Masing-masing Komputer tidak terikat dan tidak tergantung pada komputer lainnya. Komputer yang digunakan pun bisa beragam dan tidak harus setara, karena fungsi komputer dan keamanannya diatur dan dikelola sendiri oleh masing-masing komputer.
Tipe jaringan ini cocok digunakan untuk membangun jaringan komputer skala kecil seperti di rumah, di dalam sebuah ruangan kerja, lab komputer sekolah dan lain-lain. Peer to Peer ini umumnya dipakai dalam membangun jaringan berbasis workgroup yang menerapkan fungsi sharing atau bagi pakai penggunaan hardware dan software, karena pada tipe ini biasanya tidak memerlukan pengaturan keamanan dan kendali antara masing-masing komputer.
Gambar di bawah menunjukkan skema jaringan Peer to Peer.
Beberapa hal dari jaringan Peer to Peer ini adalah :
• tidak perlu spesifikasi yang setara untuk setiap komputer (bisa beragam)
• biasanya tidak ada komputer pusat yang dijadikan sentral jaringan
• biasanya juga tidak ada kontrol atau kendali terhadap pengaturan keamanan jaringan
• tidak memerlukan Operating System khusus seperti untuk server
• jika ada 1 atau lebih komputer yang rusak atau tidak bekerja, komputer lain tetap dapat berfungsi normal
Sebagai catatan untuk membuat jaringan komputer peer to peer kabel UTP yang dibuat harus dengan Crossover / Crossline karena jika menggunakan Straight Through kabel LAN dianggap tidak terkoneksi (a network cable is unplugged) kecuali jika Ethernet atau LAN Card yang anda gunakan sudah support dengan straight through.
Untuk membuat kabel jaringan Crossover / Crossline sebagai berikut :
Siapkan alat-alat yang dibutuhkan :
a. Kabel UTP
b. Konektor RJ-45
c. Crimping Tool
d. LAN Tester
Perlu anda ketahui bahwa kabel UTP memiliki 4 pasang kabel kecil di dalamnya yang memiliki warna berbeda. 4 pasang kabel itu adalah :
Pasangan 1 : Putih/Biru dan Biru,
Pasangan 2 : Putih/Oranye dan Orange,
Pasangan 3 : Putih/Hijau dan Hijau,
Pasangan 4 : Putih/Coklat dan Coklat
Proses pembuatan :
Urutan pemasangan : Salah satu sisi kabel dibuat sesuai dengan standar “Straight Through”, sedangkan sisi kabel lainnya, dilakukan “Cross-Over”, yaitu :
Pin 1 : Putih/Hijau
Pin 2 : Hijau
Pin 3 : Putih/Oranye
Pin 4 : Biru
Pin 5 : Putih/Biru
Pin 6 : Oranye
Pin 7 : Putih/Coklat
Pin 8 : Coklat
Harap diingat bahwa yang dibuat crossover hanya salah satu sisi kabel saja.
Langkah-langkah pemasangan kabel UTP pada konektor RJ45 :
1. Kupas jaket dari kabel UTP dengan menggunakan crimping tool atau alat pengupas kabel khusus.
2. Pisahkan empat lilitan kabel UTP menjadi delapan bagian, setelah itu luruskan tiap-tiap kabel agar dapat mudah dipotong.
3. Susunlah urutan warna sesuai dengan konfigurasi crossover dan sesuaikan ujung kabel yang akan dipotong dengan konektor yang akan dipasang.
4. Gunakan tang pemotong atau crimping tools, potonglah ujung kabel secara rata agar kabel mudah dimasukan ke lubang konektor.
5. Masukkan ujung kabel yang telah dipotong ke lubang konektor RJ-45 secara bersamaan, kemudian jepit konektor dengan menggunakan crimping tool agar konektor terkunci.
6. Lakukan tes dengan LAN Tester, jika semua lampu indikator menyala berarti semua bagian kabel sudah terpasang dengan benar.
Setelah pembuatan kabel crossover selesai silahkan hubungkan ke kedua komputer, lalu setting masing-masing IP komputer dengan cara :
Buka network connection (dari windows explorer klik kanan My Network Places -> Properties).
Klik kanan Local Area Connection, lalu pilih Properties -> Double klik Internet Protocol (TCP/IP).
IP Address komputer 1 : 192.168.0.11 – Subnet Mask 255.255.255.0
IP Address komputer 2 : 192.168.0.22 – Subnet Mask 255.255.255.0
Anda dapat melakukan ping terhadap komputer 2 melalui komputer 1 di DOS lewat Start -> Run -> ketik cmd -> lalu ketik ping 192.168.0.22
Jika komputer 2 ingin melakukan ping komputer 1 caranya sama tinggal ganti dengan IP address komputer 1.
Ping ini fungsinya untuk mengetahui berhasil tidaknya transfer data dari jaringan peer to peer yang telah kita buat tadi.
Selain ping komputer 1 bisa membuka komputer 2 secara langsung di address bar windows explorer dengan mengetikan \\192.168.0.22 begitupun sebaliknya.
Nah proses Membuat Jaringan Peer to Peer (PC to PC) selesai sampai di sini.
Keuntungan dan Kelemahan Jaringan Peer to Peer:
Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut,maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan nondedicated server,karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.
KEUNGGULAN:
* Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti : harddisk,drive,fax/modem,printer.
* Biaya operasional relatif lebih murah dibanding dengan tipe jaringan client-server,salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
* Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, Sehingga bila salah satu komputer mati atau rusak,jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
KELEMAHAN:
* Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit,karena pada jaringan tipe ini setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada.Di jaringan client-server komunikasi adalah antara server dengan workstation.
* Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server,karena setiap komputer /peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
* Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur keamanan masing-masing fasilitas yang dimiliki.
* Karena data jaringan tersebar dimasing-masing komputer dalam jaringan,maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut
Pengenalan jaringan dan perangkat lunak P2P 

Jaringan P2P telah berkembang secara luas dianatara para pengguna layanan internet begitu juga jaringan komputer profesional. Sistem perangkat lunak P2P seperti Kazza dan Napster yang merupakan aplikasi perangkat lunak paling banyak digunakan. begitu banyak bisnis dan situs internet yang mempromosikan teknologi P2P sebagai teknologi jaringan internet masa mendatang. meskipun tergolong aplikasi perangkat lunak baru, teknologi P2P memberikan perubahan drastis sistem jaringan masa depan. perangkat lunak data bersama telah menimbulkan kontroversi diluar segi hukum dan pengguna. Namun secara umum, para pakar tidak setuju terhadap P2P dan pengaruhnya dimasa mendatang.
Jaringan Peer to Peer tradisional
secara teknis P2P kepanjangan dari peer to peer. Kamus global mendeskripsikan P2P sebagai "suatu jaringan di dalam setiap jaringan kerja memiliki kapasitas dan tanggungjawab yang sama"
Wi Fi
berdasar pada bagan utama server, dapat diartikan dalam beberapa komputer didedikasikan untuk melayani yang lain.
Definisi ini merupakan arti lama jaringan peer to peer, di dalam jaringan P2P, komputer secara nonfisik berdekatan satu sama lain dan menjalankan protokol dan perangkat lunak yang sama.
sebagai contoh komputer pribadi/rumah di dalam jaringan kerja P2P diijinkan untuk berbagi data, printer, dan piranti yang lainnya. Meskipun satu komputer berfungsi sebagai pusat data atau server fax dalam waktu yang sama, setiap komputer pribadi/rumah dapat menjalankan fungsi ini dengan baik, dan hal ini yang mendasari dikembangkannya jaringan P2P.
perangkat lunak P2P
DEfinisi spesifik perangkat lunak P2P yang dikemukakan oleh Dave Winer dari perusahaan perangkat lunak Userland menggambarkan 7 kunci karakteristik sistem perangkat lunak P2P yakni :
- perangkat antar-muka yang digunakan pengguna beroperasi diluar web browser.
- sebagai sistem komputer dapat beroperasi baik sebagai klien maupun server.
- perangkat lunak mudah digunakan dan berintegrasi dengan baik.
- di dalam sistem termasuk perangkat bantuan untuk membuat isi dan menambah fungsi.
- sistem menghubungkan dengan pengguna yang lain.
- perangkat lunak tambahan 'cross-network" seperti SOAP atau XML-RPC di dalam tampilan komputer peer to peer, pengguna dapat bergabung dalam jaringan P2P internet tidak hanya dalam jaringan lokal.

Aplikasi perangkat lunak Kazaa, Napster and P2P lainnya.
- sistem data bersama Mp3
- Napster
- Kazza dan Kazza lite
- eDonkey
- Shareaza
- WinMX
- eMule
- BitTorrent
begitu banyak perusahaan yang terinspirasi oleh kesuksesan Napster dan Kazza serta berbagai pengembangan dari sistem p[erangkat lunak P2P. Namun beberapa pengguna di komunitas jaringan percaya bahwa kesuksesan Napster dan Kazza merupakan pengembangan dari teknologi P2P dan membutuhkan sedikit privasi, meskipun pangsa pasar pengguna sistem P2P masih tebuka lebar untuk diraih dan menarik keuntungan yang sangat banyak.







Pengertian Client Server

Clientmerupakan sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan dataatau layanan ke server sedangkan server ialah, sistem atau proses yangmenyediakan data atau layanan yang diminta olehclient.



Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yg mengaksesserver dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuahaplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketikamengakses server dalam suatu jaringan.


Sistem clientserver didefinisikan sebagai sistem terdistribusi, tetapi ada beberapaperbedaan karakteristik yaitu :

1. Servis(layanan)
·  Hubungan antara proses yang berjalan pada mesin yang berbeda
·  Pemisahan fungsi berdasarkan ide layanannya
·  Server sebagai provider, client sebagai konsumen

2. Sharing resources (sumber daya): Server bisa melayani beberapa client pada waktu yangsama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjaminkonsistensinya.

3. Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris ): Many-to-one relationship antaraclient dan server.Client selalu menginisiasikan dialog melalui layananpermintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.

4. Transparansi lokasi: Proses yang dilakukan server boleh terletak pada mesin yang sama ataupada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dariclient.

5.Mix-and-Match : Perbedaanserver client platforms

6. Pesan berbasiskan komunikasi; Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakanpermintaan dan jawaban.

7. Pemisahan interface dan implementasi: Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi clientselama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.
  • Client Server System
  • Client / Server Application


Perbedaan Tipe Client-Server

1.
File Servers
  • File server vendors mengklaim bahwa mereka pertama menemukan istilah client-server.
  • Untuk sharing file melalui jaringan
2. DatabaseServers
  • Client mengirimkan SQL requests sebagai pesan pada database server,selanjutnya hasil perintah SQL dikembalikan.
  • Server menggunakan kekuatan proses yang diinginkan untuk menemukan data yang diminta dan kemudian semua record dikembalikan pada client.
3. TransactionServers (Transaksi Server)
  • Client meminta remote procedures yang terletak pada server dengan sebuah SQL database engine.
  • Remote procedures ini mengeksekusi sebuah grup dari SQL statement
  • Hanya satu permintaan / jawaban yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi
4. GroupswareServers
  • Dikenal sebagai Computer-supported cooperative working
  • Manajemen semi-struktur informasi seperti teks, image, , bulletin boards dan aliaran kerja
  • Data diatur sebagai dokumen
5. ObjectApplication Servers
  • Aplikasi client/server ditulis sebagai satu set objek komunikasi
  • Client objects berkomunikasi dengan server objects melalui Object Request Broker (ORB)
  • Client meminta sebuah method pada remote object
6. Web ApplicationServers (Aplikasi Web Servers)
  • World Wide Web adalah aplikasi client server yang pertama yang digunakan untuk web.
  • Client dan servers berkomunikasi menggunakan RPC seperti protokol yang disebut HTTP.


Fungsi client server

Dalam konteks basis data, client mengatur interface berfungsi sebagaiworkstation tempat menjalankan aplikasi basis data. Client menerima permintaanpemakai, memeriksa sintaks dan generate kebutuhan basis data dalam SQL ataubahasa yang lain. Kemudian meneruskan pesan ke server, menunggu response danbentuk response untuk pemakai akhir. Server menerima dan memproses permintaanbasis data kemudian mengembalikan hasil ke client.

Proses-prosesini melibatkan pemeriksaan autorisasi, jaminan integritas, pemeliharaan datadictionary dan mengerjakan query serta proses update. Selain itu jugamenyediakan kontrol terhadap concurrency dan recovery.

Ada beberapakeuntungan jenis arsitektur ini adalah :
·   Memungkinkan akses basis data yang besar
·   Menaikkan kinerja
·   Jika client dan server diletakkan pada komputer yang berbeda kemudian CPUyang berbeda dapat memproses aplikasi secara paralel. Hal ini mempermudahmerubah mesin server jika hanya memproses basis data.
·   Biaya untuk hardware dapat dikurangi
·  Hanya server yang membutuhkan storage dan kekuatan proses yang cukup untukmenyimpan dan mengatur basis data
·   Biaya komunikasi berkurang
·  Aplikasi menyelesaikan bagian operasi pada client dan mengirimkan hanyabagian yang dibutuhkan untuk akses basis data melewati jaringan, menghasilkandata yang sedikit yang akan dikirim melewati jaringan
·   Meningkatkan kekonsistenan
· Server dapat menangani pemeriksaan integrity sehingga batasan perludidefinisikan dan validasi hanya di satu tempat, aplikasi program mengerjakanpemeriksaan sendiri
·   Map ke arsitektur open-system dengan sangat alami


Berikut iniadalah ringkasan fungsi client-server

Client

• Mengatur user interface
• Menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai
• Memproses aplikasi
• Generate permintaan basis data dan memindahkannya ke server
• Memberikan response balik kepada pemakai
• Menyediakan akses basis data secara bersamaan
• Menyediakan kontrol recovery

Server

• Menerima dan memproses basis data yang diminta dari client
• Memeriksa autorisasi
• Menjamin tidak terjadi pelanggaran terhadap integrity constraint
• Melakukan query/pemrosesan update dan memindahkan response ke client
• Memelihara data dictionary

Aplikasi client server

Istilah arsitektur mengacu pada desain sebuah aplikasi, atau dimana komponenyang membentuk suatu system ditempatkan dan bagaimana mereka berkomunikasi.

Macam-macamarsitektur aplikasi Client-Server beserta kelebihan dan kekurangannya yaitu:

1. Standalone(one-tier)

Pada arsitektur ini semua pemrosesan dilakukan pada mainframe. Kode aplikasi,data dan semua komponen sistem ditempatkan dan dijalankan pada host. Walaupuncomputer client dipakai untuk mengakses mainframe, tidak ada pemrosesan yangterjadi pada mesin ini, dan karena mereka “dump- client” atau “dump-terminal”.Tipe model ini, dimana semua pemrosesan terjadi secara terpusat, dikenalsebagai berbasis-host. Sekilas dapat dilihat kesalahan pada model ini. Ada duamasalah pada komputasi berbasis host: Pertama, semua pemrosesan terjadi padasebuah mesin tunggal, sehingga semakin banyak user yang mengakses host, semakinkewalahan jadinya. Jika sebuah perusahaan memiliki beberapa kantor pusat, useryang dapat mengakses mainframe adalah yang berlokasi pada tempat itu, membiarkankantor lain tanpa akses ke aplikasi yang ada.

Pada saat itujaringan sudah ada namun masih dalam tahap bayi, dan umumnya digunakan untukmenghubungkan terminal dump dan mainframe. Namun keterbatasan yang dikenakanpada user mainframe dan jaringan telah mulai dihapus.

Keuntungan arsitektur standalone (one-tier):
·  Sangat mudah
·  Cepat dalam merancang dan mengaplikasikan

Kelemahan arsitektur standalone (one-tier):
·   Skala kecil
·   Susah diamankan
· Menyebabkan perubahan terhadap salah satu komponen diatas tidak mungkindilakukan, karena akan mengubah semua bagian.
·   Tidak memungkinkan adanya re-usable component dan code.
·   Cepat dalam merancang dan mengaplikasikan

2.Client/Server (two tier)

Dalam model client/server, pemrosesan pada sebuah aplikasi terjadi pada clientdan server. Client/server adalah tipikal sebuah aplikasi two-tier denganbanyakclient dan sebuah server yang dihubungkan melalui sebuah jaringan.

Aplikasiditempatkan pada computer client dan mesin database dijalankan pada serverjarak-jauh. Aplikasi client mengeluarkan permintaan ke database yangmengirimkan kembali data ke client-nya.
Model Two-tierterdiri dari tiga komponen yang disusun menjadi dua lapisan : client (yangmeminta serice) dan server (yang menyediakan service).

Tiga komponen tersebut yaitu :

1. User Interface. Adalah antar mukaprogram aplikasi yang berhadapan dan digunakan langsung oleh user.
2. Manajemen Proses.
3. Database. Model ini memisahkanperanan user interface dan database dengan jelas, sehingga terbentuk dualapisan.


Kelebihan darimodel client/server

• Mudah
• Menangani Database Server secara khusus
• Relatif lebih sederhana untuk di develop dan diimplementasikan.
• Lebih cocok diterapkan untuk bisnis kecil.

Server databaseberisi mesin database, termasuk tabel, prosedur tersimpan, dan trigger (yangjuga berisi aturan bisnis). Dalam system client/server, sebagian besar logikabisnis biasanya diterapkan dalam database.


Server databasemanangani :

• Manajemen data
• Keamanan
• Query, trigger, prosedur tersimpan
• Penangan kesalahan

Arsitekturclient/server merupakan sebuah langkah maju karena mengurangi beban pemrosesandari komputer sentral ke computer client. Ini berarti semakin banyak userbertambah pada aplikasi client/server, kinerja server file tidak akan menurundengan cepat. Dengan client/server user dair berbagai lokasi dapat mengaksesdata yang sama dengan sedikit beban pada sebuah mesin tunggal.
Namun masihterdapat kelemahan pada model ini. Selain menjalankan tugas-tugas tertentu,kinerja dan skalabilitas merupakan tujuan nyata dari sebagian besar aplikasi.

Kekurangan dari model client/server :

·   Kurangnya skalabilitas
·   Koneksi database dijaga
·   Tidak ada keterbaharuan kode
·  Tidak ada tingkat menengah untuk menangani keamanan dan transaksi skalakecil.
·   Susah di amankan.
·   Lebih mahal.

3. Three Tier

ArsitekturThree Tier merupakan inovasi dari arsitektur Client Server. Pada arsitekturThree Tier ini terdapat Application Server yang berdiri di antara Client danDatabase Server. Contoh dari Application server adalah IIS, WebSphere, dansebagainya.

ApplicationServer umumnya berupa business process layer, dimana bisa didevelop menggunakanPHP, ASP.Net, maupun Java. Sehingga kita menempatkan beberapa business logickita pada tier tersebut. Arsitektur Three Tier ini banyak sekalidiimplementasikan dengan menggunakan Web Application. Karena dengan menggunakanWeb Application, Client Side (Komputer Client) hanya akan melakukan instalasiWeb Browser. Dan saat komputer client melakukan inputan data, maka datatersebut dikirimkan ke Application Server dan diolah berdasarkan businessprocess-nya. Selanjutnya Application Server akan melakukan komunikasi dengandatabase server.

Biasanya,implementasi arsitektur Three Tier terkendala dengan network bandwidth. Karenaaplikasinya berbasiskan web, maka Application Server selalu mengirimkan WebApplication-nya ke computer Client. Jika kita memiliki banyak sekali client,maka bandwidth yang harus disiapkan akan cukup besar, Sedangkan networkbandwidth biasanya memiliki limitasi. Oleh karena itu biasanya, untuk mengatasimasalah ini, Application Server ditempatkan pada sisi client dan hanyamengirimkan data ke dalam database server. Konsep model three-tier adalah modelyang membagi fungsionalitas ke dalam lapisan-lapisan, aplikasiaplikasimendapatkan skalabilitas, keterbaharuan, dan keamanan.

Kelebihanarsitektur Three Tier :
·  Segala sesuatu mengenai database terinstalasikan pada sisi server, begitupula dengan pengkonfigurasiannya. Hal ini membuat harga yang harus dibayarlebih kecil.
·  Apabila terjadi kesalahan pada salah satu lapisan tidak akan menyebabkanlapisan lain ikut salah
·  Perubahan pada salah satu lapisan tidak perlu menginstalasi ulang padalapisan yang lainnya dalam hal ini sisi server ataupun sisi client.
·   Skala besar.
·   Keamanan dibelakang firewall.
·   Transfer informasi antara web server dan server database optimal.
·  Komunikasi antara system-sistem tidak harus didasarkan pada standartinternet, tetapi dapat menggunakan protocol komunikasi yang lebvih cepat danberada pada tingkat yang lebih rendah.
·  Penggunaan middleware mendukung efisiensi query database dalam SQL di pakaiuntuk menangani pengambilan informasi dari database.

Kekuranganarsitekture Three Tier :

• Lebih susah untuk merancang
• Lebih susah untuk mengatur
• Lebih mahal

4. Multi Tier

Arsitektur Multi Tier adalah suatu metode yang sangat mirip dengan Three Tier.Bedanya, pada Multi Tier akan diperjelas bagian UI (User Interface) dan DataProcessing. Yang membedakan arsitektur ini adalah dengan adanya Business LogicServer. Database Server dan Bussines Logic Server merupakan bagian dari DataProcessing, sedangkan Application Server dan Client/Terminal merupakan bagiandari UI. Business Logic Server biasanya masih menggunakan bahasa pemrogramanterdahulu, seperti COBOL. Karena sampai saat ini, bahasa pemrograman tersebutmasih sangat mumpuni sebagai business process.
Multi-tierarchitecture menyuguhkan bentuk three – tier yang diperluas dalam model fisikyang terdistribusi. Application server dapat mengakses Application server yanglain untuk mendapat data dari Data server dan mensuplai servis ke clientApplication.

Kelebihan arsitektur Multi tier :

·  Dengan menggunakan aplikasi multi-tier database, maka logika aplikasi dapatdipusatkan pada middle-tier, sehingga memudahkan untuk melakukan control terhadapclient-client yang mengakses middle server dengan mengatur seting padadcomcnfg.
· Dengan menggunakan aplikasi multi-tier, maka database driver sepertiBDE/ODBC untuk mengakses database hanya perlu diinstal sekali pada middleserver, tidak perlu pada masing-masing client.
·   Pada aplikasi multi-tier, logika bisnis pada middle-tier dapat digunakanlagi untuk mengembangkan aplikasi client lain,sehingga mengurangi besarnyaprogram untuk mengembangkan aplikasi lain. Selain itu meringankan beban padatiap-tiap mesin karena program terdistribusi pada beberapa mesin.
·  Memerlukan adaptasi yang sangat luas ruang lingkupnya apabila terjadiperubahan sistem yang besar.

Kekurangan arsitektur Multi tier :

·   Program aplikasi tidak bisa mengquery langsung ke database server, tetapiharus memanggil prosedur-prosedur yang telah dibuat dan disimpan padamiddle-tier.
·   Lebih mahal

Keunggulan client server

• Kecepatanakses lebih tinggi
• Sistem keamanan & administrasi lebih baik
• Sistem backup data lebih baik

KelemahanClient/Server

·   Biaya lebih mahal
·   Dibutuhkan komputer dengan spesifikasi khusus untuk menjadi server
·  Ketergantungan terhadap server, jika server terganggu maka keseluruhanjaringan terganggu


Client server local & secarageografis

Local AreaNetwork (LAN)

Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkanbersama di dalam satu areal tertentu yang tidak begitu luas, seperti di dalamsatu kantor atau gedung. Secara garis besar terdapat dua tipe jaringan atauLAN, yaitu jaringan Peer to Peer dan jaringan Client-Server. Pada jaringan peerto peer, setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baiksebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan Client-Server, hanyasatu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagaiworkstation.

Client serverlokal

Sedangkan LANsecara geografis maksudnya adalah local area network yang mencakup suatugedung, bangunan dan lain-lain.

Manfaat LAN.

·  Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
·  Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
·  File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses darisemua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuatberdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.
·  File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
·  Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.
·  Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali.
·  Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail &Chat.
·  Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atausebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet ataumengirimkan fax melalui 1 modem.

Download movie maker untuk windows 7 - Movie maker adalah software yang digunakan
untuk mengedit video ataupun gambar. Movie maker untuk windows 7 sebenarnya tidak disertakan oleh pihak microsoft. Kalau di windows xp movie maker sudah disediakan, tapi bagi pengguna windows 7 kita harus mencari softwarenya terlebih dahulu.

Movie maker termasuk software freeware jadi ga usah pake crack atau SN :-).
downloaf movie maker untuk windows 7 sekarang

Bagi kebanyakan orang waktu dilewatkan begitu saja, tanpa harus dimanfaatkan secara bermakna. Namun, jika Anda seorang entrepreneur, Anda pasti tahu bagaimana berharganya waktu bagi kemajuan usaha Anda.

Waktu tidak hanya setara dengan uang, namun lebih dari itu. Waktu merupakan aset tak kasat mata yang paling sulit untuk dikendalikan penggunaannya. Untuk itulah diperlukan beberapa panduan yang bisa membuat Anda memanfaatkan waktu dengan lebih efisien lagi.

Berikut beberapa strategi yang dapat Anda terapkan yang kami sadur dari buku Bob Adams berjudul “Small Business Start-Up: Your Comprehensive Guide to Start Up”:

Rencanakan aktivitas harian dan mingguan Anda

Jangan mengharapkan bisa mengelola sebuah bisnis yang sukses jika disiplin pribadi Anda begitu lemah. Jadilah seorang pengelola yang efektif dengan membuat sebuah jadwal bagi aktivitas harian dan mingguan Anda. Bagilah waktu dengan bijak. Jelaskan alokasi waktu dari tiap kegiatan yang harus dilakukan. Dan tiap minggu, pilihlah jenis aktivitas yang Anda jadikan prioritas untuk dilaksanakan.

Membuat prioritas

Agar dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan seoptimal mungkin, Anda harus membuat sebuah skala prioritas, dimulai dengan mengerjakan sesuatu yang paling penting dan peka terhadap perubahan waktu serta memiliki pengaruh paling besar dan luas terhadap keberlangsungan perusahaan secara global.

Beberapa jenis tugas atau pekerjaan bisa bersifat mendesak dan penting. Contohnya sebuah presentasi untuk calon klien potensial. Namun sering tugas yang bersifat mendesak bukanlah sebuah pekerjaan yang paling penting.

Banyak pemilik sekaligus pengelola bisnis kecil memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa mereka harus memulai hari kerja dengan menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari yang sebenarnya kurang bermakna bagi kemajuan perusahaan di masa datang. Tugas-tugas tersebut seperti menguji atau meluncurkan produk baru, mengevaluasi produk yang sudah ada di pasaran agar bisa lebih memenuhi harapan konsumen, mengkaji kembali sudut pandang pemasaran yang sesuai dengan perkembangan pasar terkini, atau menyusun dan merevisi rencana bisnis.

Lakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut meskipun konsekuensinya Anda harus meluangkan waktu lebih banyak. Kadang hal ini juga membuat Anda mengorbankan pekerjaan lainnya yang lebih mendesak. Namun, Anda tentu bisa menyiasatinya dengan mendelegasikannya kepada bawahan.

Sisihkan waktu untuk yang tak terduga

Sebagai seorang pemilik bisnis tentunya tidak aneh lagi dengan segala hal yang berbau mendadak. Hal-hal yang mendadak ini mungkin tidak akan berdampak besar jika tidak terlalu mendesak atau penting tetapi jika hal yang mendadak tersebut bisa menentukan berkembang tidaknya bisnis Anda, maka tidak ada pilihan lainnya selain mengerjakannya hingga selesai secepatnya. Ada baiknya saat menyusun jadwal harian atau mingguan, Anda alokasikan sebuah waktu tambahan untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang datangnya tidak terduga.

Sumber: ciputraentrepreneurship.com

;;